Sungguh mengagetkan ketika saya mendapatkan informasi beserta data-data di negara maju yang kebanyakan pola makannya adalah diet tinggi protein dengan komsumsi daging dan susu yang tinggi di temukan beberapa masalah antara lain penyakit ginjal, kanker dan osteoporosis.
Osteoporosis ??? bagaimana mungkin???
sementara yang kita pahami selama ini adalah minum susu sapi dapat mencegah osteoporosis. itu juga yang selalu di sebutkan terus di iklan- iklan yang menjual produk susu.

"Konsumsi protein hewani dalam jumlah yang tinggi (susu hewani, telur, daging)dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan ekskresi kalsium dari tulang yang memicu osteoporosis".

Pada dasarnya protein hewani merupakan mineral yang bersifat asam. dan tubuh kita bersifat basa.
Ketika tubuh kita mengalami peningkatan asam yang tinggi ( terjadi penurunan PH) karena asupan protein hewani yang berlebihan maka tubuh kita akan menyeimbangkan dengan mineral yang bersifat basa, dan itu ada pada kalsium dalam tulang kita.Tulang bereaksi terhadap suasana asam dengan melarutkan garam basanya sehingga dapat menimbulkan berkurangnya zat anorganik tulang.

kesimpulanya adalah: protein hewani bersifat asam sehingga menguras kalsium dalam tulang untuk menetralisir. dengan demikian semakin tinggi asupan protein hewani semakin banyak kalsium yang terkuras dari tulang.

saya merekomendasikan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi, karena kedelai bersifat basa.


Sumber: ahli gizi Departemen Gizi FKM UI
ahli gizi DRS SUSIANTO MKM
IVS
referensi Buku : chinese study, Prof. Dr Colin Cambell Cornel University USA
Buku : Miracle of Enzyme - Dr. Hiromi Shinya


Mudah mudahan bisa sedikit memberi jawaban atas banyaknya pertanyaan yang masuk ke inbox.Trimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Pengikut

YUK BERBAGI INFO VEGETARIAN's Fan Box